Ingin Jadi Youtuber Gaming? Begini Cara Setting OBS Studio

Ingin Jadi Youtuber Gaming? Begini Cara Setting OBS Studio

Editor : - 24 November 2022 - 4:07 pm
Pertama kali Sobat Tekno membuka OBS Studio bisa sangat melelahkan. Terutama jika Sobat masih pemula dalam hal mengoprasikan softwere streaming. Tapi jangan khawatir, berikut cara setting OBS Studio pemula yang perlu Sobat ketahui.

saya akan menunjukkan semua langkah dari awal membuka aplikasi hingga merekam video atau streaming. Kami juga akan membagikan pengaturan yang paling direkomendasikan untuk hasil video dan cara menambahkan overlay, obrolan langsung, dan lainnya.

Ingin Jadi Youtuber Gaming? Begini Cara Setting OBS Studio

OBS Studio adalah perangkat lunak sumber terbuka, yang berarti sepenuhnya gratis untuk digunakan. Sobat dapat mendownloadnya di www.obsproject.com.

Setelah Sobat menginstal dan membuka perangkat lunak untuk pertama kalinya, Kamu akan disambut oleh Wizard Konfigurasi Otomatis. Jika Sobat baru memulai, ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan untuk mendapatkan pengaturan terbaik pada PC.

Ingin Jadi Youtuber Gaming? Begini Cara Setting OBS Studio

Ingin Jadi Youtuber Gaming? Begini Cara Setting OBS Studio

Pertama, Sobat mendapatkan opsi untuk memilih antara Optimalkan untuk Streaming atau Optimalkan untuk Perekaman. Ini sudah cukup jelas.


Pilih untuk apa ingin Sobat mengoptimalkan OBS.

Sobat kemudian bisa mengatur pengaturan video.

Resolusi Kanvas Dasar: Kami merekomendasikan opsi “gunakan saat ini”

FPS: Di sini, Sobat dapat memilih antara memprioritaskan frekuensi gambar atau resolusi.

Umumnya, Pengguna ingin memprioritaskan frekuensi gambar yang lebih tinggi saat merekam atau streaming video game, bahkan dalam resolusi yang lebih rendah. Frekuensi gambar yang rendah akan membuat streaming video game menjadi menarik untuk ditonton.

Jika Sobat ingin merekam atau streaming desktop, prioritaskan resolusi di atas kecepatan frame untuk menangkap semua detail.

Lalu, Klik Terapkan Pengaturan.

Wizard konfigurasi otomatis berfungsi dengan baik untuk kebanyakan orang. Tetapi ada penyesuaian lanjutan yang dapat Sobat lakukan untuk memaksimalkan kualitas video.

OBS Studio Enviroment

Selanjutnya untuk melakukan setting pada OBS Studio, Sobat harus mengetahui tolls-nya terlebih dahulu. Ketika membuka OBS, maka akan terlihat seperti ini.

Di bawah layar pemutaran ada tiga panel yang disebut Scenes, Sources, dan Audio Mixer. Ini adalah bagian penting untuk menyiapkan live streaming.

Scenes – Dalam OBS, adegan adalah kumpulan Source. Sobat dapat menganggapnya seperti folder dengan tata letak untuk streaming. Kamu dapat menyimpan atau beralih antar adegan untuk mendapatkan pengaturan berbeda pada saat streaming.

Sources – Sources adalah tempat untuk menambahkan video, audio, logo, dan overlay ke stream, sob. Satu adegan dapat memiliki banyak Sources. Misalnya, satu sumber untuk kamera web, satu untuk perekaman desktop, dll.

Audio Mixer – Pada audio mixer, Sobat akan menemukan semua sumber audio. Di sini Sobat dapat mengatur volume atau mematikan source. Kamu juga dapat menambahkan filter dan mengaturnya ke masing-masing source audio .

Cara mengatur Scene di OBS Studio – Tutorial

Untuk mengatur scene di OBS Studio, cukup klik pada add (ikon +) untuk menambahkan source ke scene-mu.

Sources

Seperti disebutkan di atas, source adalah tempat untuk menambahkan komponen ke strea. Berikut ini merupakan gambaran singkat dari source yang paling umum:

  • Audio Input Capture – Audio dari mikrofon
  • Audio Output Capture – Audio yang berasal dari perangkat.
  • Browser – Input dari URL, digunakan untuk widget dan overlay. Ex. Obrolan langsung.
  • Display Capture – Merekam desktop.
  • Game Capture – Hanya merekam jendela game.
  • Gambar – Tambahkan JPEG, PNG, dan Overlay
  • Video Capture Device – Input video dari kamera.
  • Window Capture – Hanya merekam jendela. Ini dapat digunakan untuk merekam perangkat lunak atau untuk game ketika game capture tidak berfungsi.

Video Filters

Dengan filter video, Sobat dapat menyesuaikan gambar video dan meningkatkan kualitas produksi. Untuk menambahkan filter video di OBS, pertama buka panel source. Klik kiri pada sumber yang ingin sobat tambahi filter.

Di panel filter, Sobat dapat menambahkan filter dengan mengklik tombol +.

Kamu memiliki banyak filter untuk dipilih di OBS yang dapat Disesuaikan di hampir setiap aspek gambar. Berikut adalah dua filter paling umum yang digunakan orang:

Chroma Key & Color Key – Kedua filter ini digunakan untuk menghapus latar belakang layar hijau di OBS. Pastikan video yang Kamu rekam berada di lingkungan yang penerangannya baik untuk mendapatkan hasil terbaik.

Color Correction – Dengan filter ini, Sobat dapat mengubah dan menyesuaikan kecerahan gambar, gamma, kontras, opasitas, dan lainnya. Ini bagus untuk meningkatkan tampilan streaming langsung atau rekaman. Namun, jangan terlalu berlebihan menggunakan setelan ini karena dapat terlihat berlebihan pula.

Filter Audio

Kualitas audio pada streaming atau rekaman akan sangat bergantung pada mikrofon dan lingkungan, Sob. Namun melalui filter di OBS Studio, Sobat dapat meningkatkan kualitas suara.

Untuk menambahkan filter, pertama-tama buka Panel Mixer di layar beranda OBS.

Klik pada Pengaturan (ikon roda gigi) pada source mikrofon. Pilih Filter. Di panel filter, tambahkan filter dengan mengklik tombol +.

Ini adalah empat filter paling berguna untuk meningkatkan kualitas audio. Sobat harus mengubah dan menyesuaikan pengaturan ini untuk menemukan apa yang cocok.

Noise Gate – Filter noise gate memotong semua kebisingan latar belakang saat Sobat tidak berbicara. Gunakan ambang batas dekat di atas volume kebisingan dan ambang terbuka sedikit di bawah untuk mendapatkan hasil terbaik.

Noise Suppression – Filter ini dapat membantu menghilangkan kebisingan latar belakang dari audio saat berbicara. Fitur ini bagus jika Sobat berada di lingkungan yang bising. Lakukan penyesuaian level penekanan sampai menemukan yang cocok yah Sob.

Gain – Filter penguatan memungkinkan Sobat menyesuaikan seberapa keras mikrofonmu. Jika Sobat memiliki mikrofon volume rendah, Kamu dapat menggunakan filter penguatan untuk membuatnya lebih keras.

Compressor  – Kompresor meningkatkan kualitas audio dengan membatasi distorsi audio dan kebisingan saat mikrofon mencapai volume puncak. Untuk mencapai hasil yang baik, Sobat harus mencoba berbagai penyesuaian dengan filter ini.

Widgets

Jika Sobat menggunakan OBS untuk streaming langsung, KAmudapat membuat konten menjadi lebih menarik dengan menambahkan obrolan langsung di layar, peringatan, dan widget lainnya.

Untuk memiliki widget di stream, Kamu harus menambahkan Source browser dan menempelkan URL widget.

Itulah beberapa petunjuk untuk melakukan setting OBS Studio. Semoga bermanfaat dan semoga sobat sukses menjadi youtuber gamers.

 

Related Post:

  • cara setting obs studio untuk live streaming
  • setting obs untuk streaming youtube
  • cara setting obs studio untuk recording
  • cara setting obs untuk recording game
  • cara setting obs untuk streaming facebook
  • cara menampilkan game di obs
  • tutorial obs studio youtube
  • cara live streaming youtube dengan obs